Kamis, 17 Desember 2009

Tahun Baru Islam 1431 H Oleh Dmr Suyanto

Detik waktu terus berlalu, seiring bergantinya siang malam gelap dan terang. Hari berganti hari bulan pun menjelang akhirnya tahun pun berlalu. Bulan Muharam mengawali sebagai tanda tahun baru Hijriah datang menyapa. Ini adalah starting point (titik awal) tingginya peradaban Islam penuh dengan tatanan nilai-nilai kearifan dalam menyeimbangkan pengabdian seorang hamba kepada Tuhanya Alloh Robbul Jalal, maupun kepedulian terhadap pribadi dan sesama. Belajar dari keteladanan Manusia Agung sepanjang masa Rashulullah Mohammad SAW sebagai qudwah utama bagi setiap Muslim bagaimana memaknai perjalanan kehidupan ini. Apa coba?...

Ketika Rashulullah hijrah dari, kota Suci Mekah menuju Madinah Al Munawaroh, begitu banyak tantangan & pengorbanan. Untuk apa?..tidak lan dan tidak bukan hanya untuk sebuah proses perubahan diri manusia dari pribadi yang jauh dari nilai-nilai Islami menuju ke tatanan nilai- nilai islami yang penuh kemuliyaan dipersinggahan kehidupan di dunia menuju surga-Nya.

Lantas pertanyaanya adalah, sepertia apa sih tatanan kearifan nilai-nilai islami ketika kita menyambut tahun baru ini?...

Coba lihat, pesta pora, hura-hura yang condong melebihi batas. Hal ini tidak dikenal dalam Islam, yang ada adalah anjuran kepada umatnya untuk berbagi / bersedekah, menyantuni fakir miskin, yatim, dan orang-orang yang membutuhkan sebagai tanda syukur kita kepada-Nya. Pesan Rashulullah dalam sebuah hadis yang popular “Malahyahtama biandil Muslimin fahuwalaisaminhum” siapa yang tidak perduli dengan penderitaan sesamanya maka ia tidak dihitung lagi sebagai seorang muslim.

Kemudian dalam memenej waktu, islam sangat consent bahwa gunakanlah waktu sebaik-baiknya untuk hal-hal yang bermanfaat dan bekerja keraslah dengan cerdas dan ikhlas. Alloh Robbul Jalal mengambarka hal ini dalam surat Al-Asher “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”


Ketika kita berusia 4 bulan dalam rahim Sang Bunda Alloh telah menuliskan fisi misi kita dalam pengembaraan kita di dunia ini. Apa caba?..

Misi hidup kita di dunia adalah “wamakholaktuljina walinsya illaliya’budun” dalam surat Adariyat ayat 56. Allah berjanji dan berfirman kepada manusia dan jin diciptakan hanya untuk ibadah. Maka seluruh hidup kita harus betul betul “muklisinalahudin” hanya untuk ikhlas ibadah itu sendiri. Di dalam surat Al-An’am ayat 162 Allah berfirman “innasholati wanusuki wamahyaya wamamati illahirabbilalamin” hidup kita, shalat kita, mati kita, puasa kita kerja kita harus semata-mata hanya untuk Allah.

Dalam hadis juga disebutkan “inamaa’maluhu binniat” (amal itu sangat tergantung pada niat)..Alumurbimakhosidia (setiap perkara sangat tergantung oleh niatnya). Niat yang ikhlas inilah yang nanti akan diterima oleh Alloh.

Maka berpuasa kita semata-mata hanya untuk Allah, kita beribadah hanya semata-mata untuk Allah, kerja baik pada suami baik pada istri itu bagian pegabdian kita pada Allah.

Tahun baru Hijriah adalah masa استبطان(instrospeksi), الشكر (syukur) , dan التخطيط (planning), الانشطار ومهمة (fisi dan misi). Sudah saatnya kita evaluasi diri di tahun baru ini. Sampai manakah kita berupaya untuk senantiasa mengingat Alloh SWT di setiap waktu, setiap saat dan setiap detak jantung kita?...
Hanya hati kecil kita yang bisa menjawab. Mudah-mudahan setiap pribadi kita sebagai agen-agen perubahan “naklul ajial.”…(agent of change) yang akan membawa kita menjadi sosok pribadi yang semakin mahabah (cinta) kepada Alloh dan Rashul-Nya tanpa meninggalkan sisi kemanusiaan kita terhadap sesama.
Insya Alloh Tahun baru kali ini menjadi lebih baik dari tahun kemarin.

Sudah Hijerahkah Kita?.......


DOA AKHIR TAHUN....


Bismillaahirrahmaanirraahiim, wa shollalloohu'alaa sayyididinaa muhammaadin wa'alaa aalihi wa shohbihii wa sallama, Alloohumma maa'amiltu fii hadzihis sanati mimmaa nahaitanii'anhu falam atub minhu wa lam tardhohu wa lam tansahu wa hamiltu 'alayya ba'da qudrotika 'uquubati wa da'autanii ilattaubati minhu ba'da jiroo-atii 'alaa ma'shiyatika fa-innii astaghfiruka faghfirlii bifadhlika wa maa'amiltuhu fiiha mimma tardhoohu wa wa'adtanii 'alaihits tsawaba wa as-aluka. Alloohumma yaa kariimu yaadzal jalaali wal ikroomi antaqobbalahu minnii walaa taqtho' rojaa-i minka yaa kiriimu wa shollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi wa shohbihii wa sallama.

"Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau. Wahai Tuhanku, apa yang hamba perbuat sepanjang tahun ini berupa perbuatan perbuatan yang Paduka larang hamba melakukannya, sedangka hamba belum bertaubat dari padanya dan Paduka tidak meridhainya dan tidak melupakannya, dan Padukapun telah menyayangi hamba setelah Padukapun kuasa untuk menyiksa hamba, kemudian Paduka menyeru hamba untuk bertaubat setelah hamba bermaksiat kepada Paduka. Karena itu, hamba mohon ampunan dari Paduka, maka ampunilah hamba dengan Anugerah-Mu. Dan apa yang telah hamba kerjakan ditahun ini adalah berupa perbuatan yang Paduka ridhai dan Paduka janjikan pahala atasnya, Hamba mohon pada-Mu wahai Tuhanku, Dzat Yang Maha Mulia, yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, agar Paduka terima amalan hamba dan jangan hendaknya Paduka putuskan harapan hamba dari-Mu, wahai Dzat Yang Maha Mulia. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau."

DO'A AWAL TAHUN....

Bismillaahirohmaanirrohiim. wa shollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi wa shohbihii wa sallama. Allohumma antal abadiyyul qodiimul awwalu wa 'alaa fadhlikal 'adliimi wujuudikal mu'awwali wahaadza'aamunjadiidun qod aqbala nas-alukal 'ishmata fiihi minasysyaithooni wa auli yaa-ihi wa junuudihi wal 'auni 'alaa haadzihil ammaaroti bissuu-i wal istighooli bimaa yuqorribunii ilaika zulfa yaa dzal jallali wal ikroom. wa shollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi wa shohbihii wa sallama.
"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau.
Wahai Tuhanku, Paduka adalah Dzat Yang Maha Kekal, dahulu dan Awal. Hanya denga anugrah dan kemurahan-Mu yang agung, telah datang tahun baru. Di tahun ini kami memohon pemeliharaan-Mu dari Syetan, kekasihnya dan balatentaranya, dan kami memohon pertolongan-Mu atas hawa nafsu yang mengajak kepada kejelekan, dan kami memohon kesibukan dengan perbuatan yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki kebesaran dan kemuliaan. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau." Amiin ya robbal 'alamiin...

1 komentar: